NEWS UPDATE :  

Berita

SMPN 3 Kalibagor Gelar PAT Online Awal Juni 2020

Angka pandemi Covid 19 di Indonesia termasuk kategori tinggi. Untuk menghambat penyebarannya, Pemerintah Indonesia telah memberlakukan Social Distancing. Masyarakat diimbau untuk jaga jarak, tidak berada dalam kerumunan, dan tidak kontak langsung dengan orang lain, termasuk antara guru dan peserta didik.

Selama ini proses pembelajaran di Indonesia dilaksanakan secara klasikal dan tatap muka, tetapi dalam kondisi pandemi Covid 19 hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Oleh karena itu, Pemerintah Indonesia melalui Kemdikbud telah memberlakukan Kebijakan Belajar dari Rumah (Learning From Home).

Menindaklanjuti kebijakan ini Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas telah membuat Surat Edaran kepada semua sekolah bahwa Belajar di Rumah berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2020.

Ini artinya PAT Tahun Pelajaran 2019/2020 boleh dilaksanakan dengan moda daring (online) dan jika tanggal 3 Juni 2020 suasana sudah aman maka PAT online tersebut akan di gelar di sekolah baik di kelas maupun di laboratorim multimedia. Agar target kurikulum dan pengukuran kemajuan belajar peserta didik terlaksana, SMP Negeri 3 Kalibagor melaksanakan PAT secara daring (online)  mulai tanggal 3 s.d. 9 Juni 2020.  PAT online berbasis android ini penyusunannya memanfaatkan Aplikasi Google Form dari Google Drive melibatkan Wali Kelas dan Guru Mapel.  Dengan aplikasi ini para siswa akan mendapatkan soal dan opsi jawaban yang berbeda-beda sehingga siswa akan jujur dalam mengerjakan. Adapun link dan password dibuat berbeda pada masing-masing Mata Pelajaran dan akan dikirimkan tiga puluh menit sebelum PAT dimulai oleh para wali kelas melalui group WA (WAG) papar Daryanto, S.Pd. Ketua Panitia PAT Tahun Pelajaran 2019/2020 SMPN 3 Kalibagor yang sekaligus Guru PPKn  dan Mahasiswa Pascasarjana UMP. Kepala Sekolah Anton,M.Pd,M.Hum yang dihubungi terpisah berpesan kepada para siswa melalui surat agar :

1. Rajin beribadah dan berdoa kepada Alloh SWT

2. Minta Doa Restu kepada orang tua

3. Menjaga Kesehatan Selama Belajar di rumah

4. Belajar dengan antusias dan focus dalam menghadapi PAT

5. Pelajari materi yang akan diujikan sesuai dengan jadwal yang sudah diinformasikan

6. Menyiapkan HP Android dengan batrai dan kuota internet yang cukup pada saat pelaksanaan PAT,

Kepada para orang tua/wali murid agar senantiasa memantau belajar  putra putrinya selama Belajar di rumah, sehingga siswa akan siap menghadapi PAT dengan mengedepankan KEJUJURAN.

Dari hasil Simulasi PAT Online yang digelar tanggal 13 April 2020 dengan partisipasi siswa mencapai 95% Insya Alloh PAT daring  akan berjalan dengan lancar  imbuhnya dengan optimis. (Resmiyati)