NEWS UPDATE :  

Berita

Hari Ini Belajar dari Rumah, bersama TVRI

Mulai hari ini, Senin (13/04/2020) Kemendikbud berkolaborasi dengan TVRI guna meluncurkan program "Belajar dari Rumah" sebagai alternatif belajar di tengah pandemi virus korona (Covid-19). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nadiem Makarim ingin memastikan bahwa dalam kondisi darurat seperti sekarang ini masyarakat terus mendapatkan kesempatan untuk melakukan pembelajaran di rumah, salah satunya melalui media televisi.

Seperti dikutip laman Kemendikbud. Program Belajar dari Rumah merupakan bentuk upaya untuk membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat Covid-19.

Selain materi pembelajaran untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga pendidikan menengah, Belajar dari Rumah juga menayangkan materi bimbingan untuk orang tua dan guru. Serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu.

”Kegiatan ini sementara dirancang untuk 3 (tiga) bulan kedepan, dengan jadwal di hari Senin hingga Jumat digunakan untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan dengan toal tayangan sejumlah 720 episode”, ujar Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Hilmar Farid menjelaskan lebih detail mengenai program Belajar dari Rumah di Televisi Republik Indonesia.

"Masing-masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting," tambah Hilmar.

Selain itu ada juga program kebudayaa yang akan tayan pada hari Sabtu dan Minggu, dimana terdapat durasi tiga jam khusus untuk program-program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow), podcast, kesenian, dan magazine tentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia.(es-13042020/kemdikbud)